Kunjungan Menteri LHK dan Dubes Denmark ke Hutan Harapan

1
334

Lestari alamku, lestari desaku
Di mana Tuhanku menitipkan aku….

Lagu ciptaan penyanyi  legendaris Gombloh ini bergema di pinggiran Danau Harapan, pada suatu pagi yang segar di hadapan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Duta Besar Denmark untuk Indonesia Casper Klynge yang duduk di jajaran tamu-tamu penting lainnya. Lagu itu dinyanyikan oleh anak-anak Batin Sembilan, suku pedalaman di Hutan Harapan, tanpa iringan musik. Mereka adalah murid-murid “Sekolah Besamo”, sebuah sekolah yang difasilitasi oleh manajemen Hutan Harapan bagi anak-anak yang jauh dari sentuhan pembangunan dan pendidikan formal.

Pagi itu, Rabu (28/9/2016), Siti Nurbaya dan Casper Klynge berkunjung ke Hutan Harapan untuk menandai dukungan pemerintah Denmark terhadap program pemulihan hutan bekas logging perusahaan HPH itu. Mendengar lagu menyentuh itu, Menteri Siti diiringi tamu-tamu lainnya bertepuk tangan, mengikuti irama nyanyian anak-anak tersebut. Suasana menjadi khidmat dan memberikan kesan mendalam.

Lalu refrain dinyanyikan:

Mengapa tanahku rawan kini
Bukit bukit pun telanjang berdiri
Pohon dan rumput enggan bersemi kembali
Burung-burung pun malu bernyanyi

Ku ingin hutanku hijau kembali
semak rumput pun tak sabar menanti
….

Saat itulah terlintas dalam pikiran betapa kesadaran manusia akan pelestarian alam kini semakin jauh. Terbayang setiap hari ada saja orang dan kelompok orang yang hendak merambah dan menguasai lahan hutan negara seperti Hutan Harapan tanpa izin lalu dijadikan perkebunan sawit. Pohon-pohon bertumbangan, satwa pun terancam punah. Untuk membuka kebun, mereka membakar hutan. Dalam konteks inilah dukungan Menteri LHK dan pemerintah Denmark ke Hutan Harapan yang izin konsesinya diberikan kepada PT Restorasi Ekosistem Indonesia (PT Reki) menjadi sangat penting.

1 KOMENTAR

  1. I see you don’t monetize hutanharapan.id, don’t waste your traffic, you can earn additional bucks every month with new monetization method.
    This is the best adsense alternative for any type of website (they approve all
    websites), for more details simply search in gooogle: murgrabia’s tools

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here