Menyelesaikan Konflik Perhutanan Sosial

Konflik lahan masih menjadi polemik yang pelik di kawasan hutan. Konflik ini tidak hanya menimpa masyarakat adat, tetapi juga pemilik izin usaha kehutanan dari pemerintah hingga masyarakat lokal yang mendiami kawasan hutan.

Harus ada titik ikat kebutuhan antar masing-masing pihak. Perhutanan sosial diyakini bisa menjadi salah satu solusi efektif dalam menyelesaikan konflik lahan.

Hutan Harapan merupakan salah satu kawasan hutan di Sumatera yang menghadapi persoalan konflik lahan dengan kelompok pendatang yang mendiami kawasan hutan. Presiden Direktur PT REKI Mangarah Silalahi membagikan pengalaman (Pembelajaran dan Tantangan) dalam penanganan konflik di areal restorasi ekosistem.

Simak pembahasan selengkapnya dalam Webinar: Menyelesaikan Konflik Perhutanan Sosial yang diselenggarakan oleh Tropenbos Indonesia.
Host/Moderator:
Dr. Edi Purwanto – Direktur Tropenbos Indonesia

Pembicara:

  1. Dr. Gamin – Widyaiswara Ahli Madya – KLHK. Judul presentasi: “Menyelesaikan Konflik Hutsos Melalui Pemetaan Partisipatif”.
  2. Swary Utami Dewi – Anggota TP2PS KLHK / Board Kawal Borneo. Judul presentasi: “Pendekatan Hati Dalam Penanganan Konflik”
  3. Mangarah Silalahi – Presiden Direktur PT REKI. Judul presentasi: “Penanganan Konflik di Areal Restorasi Ekosistem: Pembelajaran dan Tantangannya”
  4. Dr. Hery Santoso – Konsultan Agraria dan Perhutanan Sosial. Judul presentasi: “Redistribusi Kontrol Atas Area, Tanaman, dan Tenaga Kerja Dalam PS: Konflik Kepentingan Antara Masyarakat dan Negara”

Siaran Pers: Memulihkan Hutan Harapan, Melawan Krisis Iklim

Photo: Drone Hutan Harapan
Pemandangan indah kawasan Hutan Harapan di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (2020).

Memulihkan dan melindungi hutan yang masih ada jauh lebih penting karena regenerasi alami hutan adalah cara efektif dan produktif dalam mengurangi karbon dan melestarikan keanekaragaman di dalamnya. Foto: Drone Hutan Harapan 2020

S-i-a-r-a-n-P-e-r-s-Hutan-Harapan_Hari-Bumi_Pulihkan-Hutan-Lawan-Krisis-Iklim

Buletin Hutan Harapan Juli 2020

Galeri Ikan Hutan Harapan