Restoring Indonesia's Forest
for Future Needs

Wisata alam

Usaha jasa lingkungan merupakan salah satu yang disarankan  alam pengelolaan hutan produksi sebagai kawasan restorasi ekosistem. Manajemen Hutan Harapan mengembangkan kawasan untuk tujuan-tujuan wisata alam liar (wildlife tourism) Sumatra yang sangat diminati para wisatawan dan peneliti.

Birdwatching
Bagi yang suka kegiatan pengamatan burung, Hutan Harapan adalah surganya. Banyak beragam burung, baik yang langka maupun yang statusnya masih aman, menjelajah bebas di dalam hutan.

Burung rangkong, tiong emas (beo), beragam burung raja udang, burung cucak kuning, beragam jenis elang hingga merpati hutan relatif biasa ditemukan. Namun, tak semua burung mudah ditemukan. Banyak ragam burung yang untuk menemukannya harus masuk jauh ke dalam hutan.

Menyusuri Sungai  
Menyusuri Sungai Kapas di Hutan Harapan, baik mengikuti arus ke hilir maupun melawan arus menuju ke hulu sama menyenangkan. Dengan naik ketek (perahu bermesin motor tempel) pengunjung bisa menyaksikan aneka ragam pemandangan pepohonan yang menjulang tinggi di kiri dan kanan sungai. Burung-burung dan biawak juga sering terlihat di sepanjang sungai.

Menanam Pohon  
Pengunjung diajak untuk terlibat penanaman bibit pohon bersama. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari membangun semangat pelestarian hutan tropis di Indonesia yang kini masa depannya semakin terancam. Penanam pohon, baik individual maupun korporat akan mendapatkan papan nama sesuai nama masing-masing yang akan menjadi penanda di dalam Hutan Harapan.

Memanjat Pohon  
Tree platform atau pohon tinggi tempat pemantauan hutan menawarkan sensasi yang berbeda. Pengunjung diajak memanjat pohon tegak lurus  yang tingginya mencapai 30 meter. Mendekati puncak pohon, ada platform terbuat dari baja beralas kayu tempat orang berdiri bebas mengamati pucuk-pucuk pohon belantara hutan yang terbentang hingga sejauh mata memandang.

Bila pemanjatan dilakukan pada saat  sebelum subuh, pemandangan yang disajikan sungguh luar biasa dan sulit dilukiskan dengan kata-kata.

Saat matahari pagi mulai terbit, kabut menari-nari dari seluruh bentang hutan ditingkahi suara satwa bersahut-sahutan  dari seluruh penjuru. Kegiatan memanjat pohon vertikal ini butuh stamina dan nyali tinggi.

Ada sejumlah pemandu berpengalaman yang memastikan bahwa pemanjat benar-benar aman  hingga tiba di platform dan menginjakkan kaki kembali di atas tanah. Asal semua prosedur diikuti, kegatan panjat memanjat ini bisa dilakukan dengan aman dan pengunjung bisa menikmati keindahan unik yang jarang ditemui di tempat lain.

Night Safari
Sensasi masuk hutan alam di tengah kegelapan malam sungguh menjadi pengalaman yang luar biasa.  Berbekal senter dan dipandu pemandu berpengalaman, pengunjung diajak menikmati pengalaman yang sangat berbeda. Pengunjung akan berpapasan dengan sejumlah satwa malam yang sedang berburu mangsa atau burung-burung yang tidur sambil bertengger di dahan pepohonan.

Perasaan takut kegelapan hutan atau ngeri bertemu hewan buas jamak dialami para pengunjung yang bergabung dalam kegiatan safari malam.  Karenanya, kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi yang benar-benar suka petualangan alam liar.

Wartawan media, peneliti dan sejumlah pengunjung penyuka petualangan dari dalam dan luar negeri biasanya tidak pernah absen mengikuti pengalaman mendebarkan di dalam hutan ini.

Trekking  
Ada empat jalur trekking (forest trail) di dalam kawasan Hutan Harapan dengan karakteristik dan tantangan yang berbeda, dari yang relatif mudah hingga cukup menguras stamina.  

Biasanya, waktu yang ditempuh untuk berjalan di dalam satu jalur trekking antara satu sampai dua setengah jam. Pada jalur trekking dengan tantangan medan yang lebih berat, butuh waktu empat setengah jam atau lebih di dalam forest trail. Pemandangan pada tiap jalur trekking berbeda-beda, pada hutan sekunder tinggi akan ditemukan banyak jenis pepohonan raksasa berusia sangat tua.

Berkemah  
Bermalam di dalam kemah di dalam hutan dan di tengah alam liar pula, sungguh menjadi petualangan yang sangat menyenangkan. Tidur di gelap alam terbuka, menatap miliaran bintang gemintang, di tengah kepungan suara serangga dan satwa hutan yang bersahutan tanpa henti, menawarkan sensasi dunia lain yang akan meninggalkan kesan tak terlupakan. Bagi orang dewasa, berkemah juga seperti mengulangi pengalaman manis masa kecil atau remaja ketika aktif di kegiatan Pramuka atau kegiatan pecinta alam.

Memantau Jejak Harimau
Harimau sumatra? Kedengarannya memang seram, tetapi harimau di Hutan Harapan  biasanya menghindari kontak langsung dengan manusia. Diperkirakan ada sekitar 24 ekor harimau sumatra yang berkeliaran bebas di lokasi tertentu di dalam kawasan Hutan Harapan.

Meski  jarang terjadi, pertemuan antara manusia dengan harimau pun belum pernah berbuah risiko. Umumnya, hewan buas ini berkeliaran di malam hari di lokasi-lokasi tertentu yang menjadi teritorialnya di dalam hutan. Jejak telapak kakinya mudah ditemukan pada saat hari terang di jalanan yang biasa dilalui manusia, terutama di tanah becek tepian danau atau sehabis hujan. Kegiatan memantau jejak harimau merupakan keasyikan tersendiri.

Pengunjung bisa mengukur besar atau kecilnya telapak harimau yang ditemukan. Bagi yang berminat, cetakan jejak kaki harimau yang sudah dibuat dari bahan gips bisa dijadikan suvenir untuk dibawa pulang.  Ini juga sebagai kontribusi bagi upaya restorasi hutan di dalam Hutan Harapan.

Wisata Sosial Batin Sembilan
Hutan Harapan menjadi tempat bermukim  Suku Batin Sembilan. Sebagian kaum perempuan dan laki-laki saat ini sedang dilatih membuat kerajinan dari tanaman akar pakis hutan dan menghasilkan beragam kerajinan tangan seperti gelang, cincin, sandal, topi, tas dan banyak lagi. Semua kerajinan ini bisa menjadi cindera mata bagi yang terpikat dengan kerajinan dari hutan dan sekaligus ikut membantu pelestarian Hutan Harapan.

Fotografi Alam Liar  
Fotografi alam liar semakin banyak peminatnya di Indonesia.  Bertambah semarak lagi dengan maraknya media cetak khusus tentang fotografi alam liar dan fotografi yang menyediakan ruang khusus membahas tip dan teknis fotografi di alam. Hutan Harapan adalah surga bagi para fotografer yang suka berpetualang sekaligus hobi memotret alam liar. Keindahan lanskap hutan tropis dataran rendah, aneka ragam satwa dari gajah dan harimau sampai aneka ragam burung.

Wisata Minat Khusus
Memancing adalah kegiatan sehari-hari  keluarga Suku Batin Sembilan.  Kegiatan ini biasa dilakukan di sungai atau danau yang banyak terdapat di dalam kawasan Hutan Harapan. Tak hanya kaum bapak, kaum ibu dan anak-anak jamak melakukan kegiatan memancing ikan. Tak heran kalau mereka punya keahlian tradisional dalam urusan memancing. Ikut memancing bersama mereka tentu akan menjadi pengalaman tersendiri yang akan meninggalkan kesan mendalam.

For more info, please contact:
visitor@hutanharapan.id

 

Join Initiative of

Supported by