Restoring Indonesia's Forest
for Future Needs

Lokasi

Danau Camp Hutan Harapan, 2015

Secara administratif, Hutan Harapan terletak di Kabupaten Batanghari dan Kabupaten Sarolangun di Provinsi Jambi dan Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan. Kawasan seluas 98.555 hektare ini berada di jantung Pulau Sumatera, salah satu pulau terbesar di Indonesia.

Hutan Harapan wilayah Sumsel masuk ke dalam kelompok hutan Sungai Meranti dan Sungai Kapas, sedangkan wilayah Jambi masuk ke dalam kelompok hutan hulu Sungai Meranti (Sarolangun) dan hulu Sungai Lalan. Oleh karena itu, wilayah ini masuk ke dalam sub-daerah aliran sungai (sub-DAS)   Meranti, Kapas, dan Lalan dan DAS Musi dan Kandang.

Ketinggian kawasan diidentifikasi pada 30-70 meter dpl untuk wilayah Sumsel dan 30-120 meter dpl untuk wilayah Jambi.

Base camp Hutan Harapan lebih mudah dijangkau dari Kota Jambi, melintas Kecamatan Sungaibahar, Kabupaten Muarojambi, dengan waktu tempuh 2-3 jam dengan kendaraan roda empat. Base camp ini juga bisa dijangkau dari Muarabulian melalui Desa Bungku, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, dengan jarak tempuh sekitar 2 jam.

Sejak diperkenalkan pada 2007, Hutan Harapan kini menjadi tujuan utama penelitian dan wisata lingkungan nasional dan internasional di Sumatera. Kawasan ini kaya dengan keanekaragaman hayati dan merepresentasikan 20 persen dari hutan dataran rendah tersisa Sumatera.(*)

 

Join Initiative of

Supported by