Restoring Indonesia's Forest
for Future Needs

Hutan Harapan Mendukung Perhutanan Sosial

MUARABULIAN, 21 November 2016 - PT Restorasi Ekosistem Indonesia (PT Reki) menyelesaikan satu demi satu masalah penggarapan dan pendudukan lahan Hutan Harapan di Kabupaten Batanghari melalui skema kemitraan kehutanan. Kemitraan kehutanan ini merupakan bagian dari skema pemberdayaan masyarakat setempat untuk mendukung program perhutanan sosial.

“Skema kemitraan kehutanan memberi peluang kepada masyarakat di dalam Hutan Harapan secara arif mendapatkan manfaat ekonomi, sosial dan ekologi dari hutan,” ungkap Presiden Direktur PT Reki Effendy A Sumardja pada acara penandatanganan kesepakatan kemitraan kehutanan dengan masyarakat Kunangan Jaya 1 Kelompok Narwanto di Muarabulian, Senin (21/11/2016).

Kesepakatan disusun merujuk kepada Permen LHK No. P.83/MenLHK/Setjen/Kum.1/10/2016 tentang Perhutanan Sosial yang baru dikeluarkan pemerintah.

Ini merupakan kesepakatan ketiga yang dibangun manajemen Hutan Harapan setelah sebelumnya dengan empat kelompok masyarakat Batin Sembilan dan kelompok Trimakno yang juga di Kunangan Jaya 1. Kelompok Narwanto yang bernaung di bawah Kelompok Tani Hutan Bungin Mandiri dan ikut dalam skema kemitraan kehutanan ini berjumlah 34 keluarga dengan areal seluas 153 hektare.

Direktur Penanganan Konflik Tenurial dan Hutan Adat Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Eka W Soegiri ikut menyaksikan penandatanganan ini bersama Kepala Dinas Kehutanan Batanghari Riduwan, Camat Bajubang Reni Marsovia dan pejabat lainnya dari Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dan KLHK. Eka W Soegiri berharap dengan penandatanganan kesepakatan ini,  masyarakat bisa merajut masa depan di Hutan Harapan.

Masyarakat menyambut meriah kesepakatan ini dengan melakukan acara syukuran di Kunangan Jaya 1 pada keesokan harinya, dihadiri para pejabat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Kehutanan, Camat Bajubang, Kades Bungku dan manajemen PT Reki.

Selengkapnya, baca siaran pers Hutan Harapan Mendukung Perhutanan Sosial

Join Initiative of

Supported by